Skip to main content

Begini cara agar Bayi cepat tengkurap sendiri

Kebahagiaan orang tua yang baru memiliki anak adalah melihat setiap perkembangan bayi, termasuk perkembangan awal yakni mereka mulai bergerak dengan aktif maka perlu ibu mengajari cara agar bayi cepat tengkurap sendiri. Bayi selalu berkembang setiap waktu. Bahkan ada yang mengatakan bahwa wajah bayi bisa berubah-ubah. Perkembangan bayi dimulai dari tengkurap, mengangkat kepala, memekik gembira, duduk, merangkak, memegang benda dan kemudian berjalan.
Setiap orang tua pasti menginginkan selalu ada di dekat bayi untuk menemani di masa perkembangannya. Selalu ada yang pertama, pertama kali bayi bisa tengkurap, pertama kali bayi duduk dan masih banyak hal pertama lainnya. Kejadian pertama itu menjadi moment tersendiri yang menjadi moment bahagia bagi orang tua nah itulah alasan kenapa tips agar bayi cepat bisa tengkurap menjadi pengetahuan penting.

Namun tidak semua bayi bisa melalui tahap perkembangan sesuai usianya. Setiap bayi memiliki waktu dan cara tersendiri dalam tumbuh dan berkembang. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi tumbuh kembang bayi. Perkembangan bayi setelah lahir tidak lepas dari perkembangannya pada saat masih dalam kandungan.

Tips  Agar Bayi Cepat Tengkurap Sendiri
Tahap perkembangan pertama bayi adalah tengkurap. Tengkurap adalah posisi di mana bayi bisamembalikan badan menghadap bawah dengan sendirinya. Normalnya bayi akan tengkurap pada usia 2-3 bulan. Setiap bayi memiliki waktu sendiri dalam setiapperkembangannya, untuk usia bayi bisa tengkurap juga berbeda. Ini dia tips agar bayi cepat tengkurap ;
  • Latihan menopang tubuh bayi dengan bantal
Anda bisa mencoba untuk menempatkan bantal bayi di samping tubuh bayi. Kemudian biasanya bayi akan mencoba untuk menegakkan leher mereka lalu berusaha berguling alami dengan bantal ini. Ketika sudah seperti ini maka cobalah dengan melatih bayi tengkurap dengan membantu bagian kaki bayi. Biasanya ketika Anda memegang bagian ini, maka bagian atas bayi akan bergerak lebih kuat untuk mengkurap. Bayi bisa belajar tengkurap selama beberapa kali hingga mereka merasa lelah. Kebiasaan ini juga sangat baik jika Anda ingin mengajarkan cara melatih bayi duduk agar cepat bisa sesuai pola perkembangan bayi.
  • Menahan tubuh bayi di perut Anda.
Anda juga bisa mencoba mengenalkan tengkurap kepada  bayi dengan menahan tubuh mereka diatas perut Anda. Cara ini akan membantu bagian punggung dan leher bayi menjadi lebih kuat. Jika bayi sudah terbiasa dengan posisi seperti ini maka mereka juga bisa tengkurap dengan mudah. Anda bisa membuat bayi memiliki bagian otot tubuh yang lebih kuat sehingga mereka siap untuk belajar tengkurap. Setelah bisa tengkurap dengan cara ini maka ibu bisa melakukan cara menstimulasi bayi merangkak.
  • Mencoba membuat bayi tengkurang di kaki Anda
Kemudian Anda bisa mencoba untuk meletakkan bayi dengan posisi tengkurang tapi ada di bagian kaki Anda. Anda bisa melakukan cara ini setelah bayi berumur antara 4 bulan sampai 5 bulan. Letakkan bagian perut bayi di kaki Anda, lalu kepala di lutut Anda. Kemudian panggil bayi dari depan sehingga mereka merasa mendapatkan tampilan visual dari beberapa titik yang berbeda dibandingkan cara yang biasanya. Bayi yang senang dengan cara ini biasanya akan mudah tengkurap. Kebiasan ini bisa mencegah masalah seperti anak lambat bicara sehingga tidak perlu melakukan terapi anak terlambat bicara.
  • Biarkan bayi tidur di lantai dengan alas yang aman
Biasanya sulit untuk membuat bayi belajar tengkurap ketika posisi mereka sudah nyaman. Anda bisa memindah bayi agar bisa bermain di lantai. Kemudian berikan alas yang aman untuk tubuh dan kepala bayi. Lalu berikan mainan di beberapa arah sehingga bayi Anda berusaha untuk menjangkau mainan tersebut. Biasanya secara alami bayi akan berusaha untuk bergerak ke arah mainan itu, meskipun harus dengan tengkurap terlebih dahulu.
  • Tidur disamping bayi dengan posisi tengkurap
Cara tengkurap untuk bayi juga bisa dicontoh dari orang dewasa. Bayi bisa melihat ada proses tengkurap karena mereka melihat hal ini dari orang lain. Ketika bayi tidur dengan posisi telentang maka lihat atau panggil bayi. Mereka biasanya akan terangsang secara alami untuk bisa berada dalam posisi seperti orang dewasa. Ketika Anda melakukan cara ini maka pastikan bayi dalam posisi yang nyaman, misalnya tidak setelah minum susu agar tidak menyebabkan perut kembung pada bayi.  Jika Anda membuat posisi ini setelah bayi minum susu maka bayi bisa muntah atau gumoh.
  • Pijat bayi
Memberikan pijatan bayi juga bisa membantu bayi lebih cepat belajar tengkurap. Pijatan bayi yang dilakukan untuk beberapa titik tubuh bayi akan membuat bayi bisa mudah untuk tengkurap. Cara ini sangat baik karena  bayi bisa belajar dengan cepat. Ada sebuah fakta yang membuktikan jika rangsangan pada bagian syaraf tubuh bayi bisa membuat mereka bisa memiliki perkembangan motorik yang lebih cepat dibandingkan bayi yang tidak pernah mendapatkan pijatan. Jadi pastikan bahwa bayi Anda mendapatkan pijatan bayi yang benar sehingga bayi menjadi lebih sehat.
  • Tempatkan cermin di depan bayi
Memberikan mainan seperti cermin di depan bayi sangat baik untuk membantu bayi bisa lebih cepat tengkurap. Cara melatih bayi tengkurap ini sangat baik karena bisa membuat bayi terlihat sama dengan cermin atau mereka ingin melihat bayangan dari berbagai posisi yang berbeda. Anda juga bisa menambahkan mainan atau beberapa benda kesukaan bayi agar mereka merasa termotivasi untuk bergerak ke mainan tersebut.
  • Lakukan kontak mata dengan bayi sambil tengkurap
Ibu juga bisa mencoba untuk melakukan kontak mata dengan bayi namun posisi dibuat dengan tengkurap. Cara ini sangat baik karena bisa membantu bayi mengenali orang dewasa dari berbagai sisi atau sudut pandang yang berbeda. Kemudian Anda bisa membuat suara yang lucu, nyanyian atau memanggil nama bayi. Ketika bayi Anda sudah sangat senang dengan membuat suara tawa maka cobalah menarik badan bayi dengan lembut hingga bayi berada dalam posii tengkurap. Jika bayi menangis maka kembalikan posisi seperti semula dan lakukan selama beberapa kali. Latihan ini sangat baik untuk bayi yang terlahir dengan kondisi autis.

Semoga bermanfaat artikel mengenai cara agar bayi cepat tengkurap sendiri ini :) .

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Saran Nama Bayi Islami dan Artinya

Inilah Saran Nama Bayi Islami dan Artinya - Berikut ini adalah rangkaian nama bayi laki laki dengan arti nama Islami. Dalam merangkaikan sebuah nama untuk calon anak kami benar-benar tidak mudah dikarenakan butuh pertimbangan di dalam melacak arti nama islam yang baik dikarenakan nama itu sendiri bakal dibawa si Anak hingga tumbuh dewasa. Oleh dikarenakan itu, disini kami sedia kan rangkaian nama bayi islami paling baik yang terdiri dari 3 kata dan 4 kata untuk nama anak islam. Semoga kumpulan nama bayi laki laki islami ini sanggup menambahkan solusi bagi para orang tua sekalian yang masih bingung di dalam melacak rangkaian nama anak laki laki islam. Nama untuk bayi Laki atau Perempuan yang baik ... Dari daftar nama untuk bayi laki laki islam yang kami bagikan kali ini, kalau Ayah dan Bunda kurang suka dengan nama aku buat, Anda sanggup memengaruhi nama depan, nama tengah, maupun nama belakang anak laki laki islami. Semoga si anak sanggup bermanfaat bagi seluruh orang. 1. Aulian

Inilah Saran Nama Bayi Islami dan Artinya Bagian 2

Nama Bayi Laki Laki Modern - Pada kesempatan kali ini kami mempunyai sejumlah Nama Bayi Laki Laki yang diambil dari beberapa bahasa. Dalam memberikan nama bayi sebaiknya kita tidak asal-asalan karena nama yang diberikan kepada calon anak kita akan menjadi doa dan dibawa hingga ia tumbuh dewasa. Semoga bersama membaca artikel yang berisi Nama Bayi Laki Laki Modern ini para orang tua sanggup memilih nama bayi yang tepat bagi calon buah hati kita. Nama Bayi Laki-Laki sudah kami susun berjumlah sekitar 101 nama. Harapannya dari daftar sanggup memberikan referensi bagi Anda untuk memilih nama bayi yang cocok bersama mengisi hati Anda sekalian. Memang memilih suatu hal yang akan berdampak jangka panjang tidak lah mudah. Hal tersebut membutuhkan pertimbangan yang matang. Nama bayi laki laki modern Konsultasi dan komunikasi antara suami dan istri mutlak diperlukan. Karena sanggup saja tiap-tiap membawa selera yang tidak sama berkenaan sebuah nama bayi yang bagus. Nama bayi laki

Hewan Untuk di Aqiqah

Hewan Untuk di Aqiqah Para ulama tak mirip pendapat dalam memilih persyaratan kambing aqiqah lebih-lebih dalam faktor usia kambing. Ada yang berpendapat harus 2 (dua) thn, tersedia pun yang berpendapat 1 (satu) thn untuk domba. Kambingnya harus sehat, tidak boleh cacat yakni tidak buta, tidak hilang beberapa gede tanduk atau kupingnya, tidak ompong seluruh gigi depannya dll. Tetapi tersedia pula beberapa ulama yang membolehkan dengan kambing apa saja mengingat tidak tersedia dalil spesifik perihal persyaratan untuk kambing aqiqah, adapun persyaratan tadi diatas ialah kias berasal dari persyaratan kambing qurban. Namun tetap yang paling afdol pastinya yang udah mencukupi persyaratan diatas. Menurut para ulama diperbolehkan beraqiqah dengan kambing betina, dikarenakan dalam persayaratan kambing untuk Aqiqah tidak ditentukan satupun info yang melarangnya, tetapi yang lebih afdol adalah dgn kambing jantan. Berapa usia kambing untuk aqiqah? supaya mencukupi syarat aqiqah atau qurb