Skip to main content

Memahami Aqiqah Secara Cepat

Banyaknya angka kelahiran di Indonesia membuat orang tua bertanya-tanya tentang aqiqah. baik hukum aqiqah maupun cara pelaksanaan aqiqah. namun terkadang ada orang tua yang resah karena tak mampu melaksanakan aqiqah sesuai syariat. Resah karena tak mengerti aqiqah seperti apa. Lalu bagaiamana solusi nya. maka penjelasan berikut sesungguhnya memberikan solusi dari keresahan tersebut.

1. Pengertian aqiqah
Kata aqiqah berasal dari  bahasa arab artinya memutus/memotong. Ulama berpendapat bahwasannya aqiqah  adalah dipotongnya leher binatang tertentu yang sesuai syariat islam. Sementara itu telah berkembang paham di Indonesia bahwa aqiqah adalah penyembelihan domba/kambing untuk bayi yang dilahirkan. Dapat diartikan pula bahwa aqiqah adalah pengorbanan hewan dalam syariat Islam, sebagai penebusan atas bayi yang telah dilahirkan.
Dari Samurah bin Jundab dia berkata : Rasulullah bersabda : “Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.” [HR Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Ahmad]

2. Sejarah Aqiqah
Dahulu pada masa jahiliyah apabila salah seorang diantara kaum mempunyai anak, ia menyembelih kambing dan melumuri kepalanya dengan darah kambing itu. Maka setelah Allah mendatangkan Islam,  maka kaum tersebut menyembelih kambing, mencukur (menggundul) kepala si bayi dan melumurinya dengan minyak wangi Maka hal itu dilakukan hingga saat ini. Sungguh islam merupakan agama yang menerangkan. Sebagai agama kasih sayang yang membawa dari kegelapan menuju jalan benderang.
Dari ‘Aisyah, ia berkata, “Dahulu orang-orang pada masa jahiliyah apabila mereka ber aqiqah untuk seorang bayi, mereka melumuri kapas dengan darah aqiqah, lalu ketika mencukur rambut si bayi mereka melumurkan pada kepalanya”. Maka Nabi SAW bersabda, “Gantilah darah itu dengan minyak wangi”.[HR. Ibnu Hibban dengan tartib Ibnu Balban juz 12, hal. 124]

3. Hukum aqiqah
Hukum aqiqah menurut agama islam adalah sunah muakkadah, sunah mukkadah adalah sunah yang sangat dianjurkan mengerjakannya, karena Rasulullah selalu mengerjakan dan jarang meninggalkannya. hal ini juga selaras dengan pendapat Imam Malik, penduduk Madinah, Imam Syafi′i dan sahabat-sahabatnya, Imam Ahmad, Ishaq, Abu Tsaur dan kebanyakan ulama ahli fiqih (fuqaha) juga berpendapat bahwa hukum aqiqah adalah sunah muakkadah.
Dari Samurah bin Jundab dia berkata : Rasulullah bersabda “ Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuh disembelih hewan, diberi nama dan dicukur rambutnya.” [Shhih, Hadits riwayat Abu Dawud 2838, Tirmidzi 1552, Nasa’i7/166, Ibnu Majah 3165, Ahmad 5/7-8, 17-18, 22, Ad Darimi 2/81.]
Namun sesungguhnya islam merupakan agama penuh kasih sayang. Maka ketika mampu hendaknya ber aqiqah sesuai syariat, sesungguhnya aqiqah bila dilaksanakan maka akan menghasilkan berkah dan pahala, namun apabila tidak dilaksanakan tidak menimbulkan dosa.

4. Tata cara aqiqah
Aqiqah  hendaknya dilaksanakan pada hari ke-7 setelah bayi lahir. Namun ulama berpendapat bahwasanya bila di hari ke-7 masih belum mampu ber aqiqah maka bisa dilaksakan pada hari ke-14, apabila di hari tersebut tidak mampu maka baiknya dilaksanakan pada hari ke-21. Namun apabila setelah hari ke-21 masih tidak mampu maka bisa dilaksanakan kapan pun sesuai dengan kemampuan.
“Hewan aqiqah itu disembelih pada hari ketujuh, atau keempat belas, atau kedua puluh satunya." (HR Baihaqi dan Thabrani).

Adapun yang dianjurkan ketika ber aqiqah adalah :
  • Memberi nama anaknya. 
  • Mencukur rambutnya. 
  • Bersedekah sebanyak timbangan rambut yang telah dipotong.
Dari Ali bin Abu Thalib, ia berkata : Rasulullah SAW telah ber’aqiqah bagi Hasan seekor kambing dan bersabda, "Ya Fathimah, cukurlah rambutnya dan bersedeqahlah seberat rambut kepalanya dengan perak". Maka adalah beratnya satu dirham atau setengah dirham". [HR. Tirmidzi juz 3, hal. 37, no. 1556]

5. Syarat hewan untuk aqiqah
Ada jenis dan macam hewan yang bisa digunakan untuk ber aqiqah. Aqiqah dapat dilaksanakan dengan berkurban domba ataupun kambing. Untuk pemilihan hewan ber aqiqah sama dengan pemilihan hewan untuk kurban Idhul Adha. Hewan yang disemebelih untuk aqiqah tidak boleh selain kedua hewan tersebut, seperti ayam kelinci atau burung. 

Adapun ketentuan ber aqiqah adalah : 
  • Hewan aqiqah diperbolehkan jantan maupun betina 
  • Kambing: sempurna berusia 1 (satu) tahun dan masuk usia (dua) tahun. 
  • Domba: sempurna berusia 6 (enam) bulan dan masuk bulan ke-7 (tujuh)
  • Dagingnya tidak boleh dijual 
  • Dianjurkan untuk memilih hewan yang sehat, segar, gemuk dan paling bagus diantara lainnya. 
  • Untuk anak laki-laki sebanyak dua ekor kambing 
  • Untuk anak perempuan sebanyak satu ekor kambing
6. Manfaat dan tujuan aqiqah
Aqiqah selain bertujuan untuk penebusan terhadap bayi yang telah lahir. Namun juga dipercaya untuk menghindari bayi dari kekangan jin yang mengganggu kehidupan. Di samping itu, aqiqah juga bertujuan untuk mendidik suatu kaum untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebab, aqiqah itu sendiri adalah tindakan berkurban. Perbedaannya aqiqah dengan qurban adalah penyelanggarannya pada hari Idul Adha yang sudah diatur dengan syariatnya.
Melaksanakan aqiqah merupakan hal yang dianjurkan. Jelas memiliki manfaat untuk mendekatkan diri pada Allah. Selain memperkuat keimanan serta memperbanyak pahala. Aqiqah juga berdampak pada timbulnya rasa persaudaraan umat beragama. Hal ini terealisasi dengan pembagian kambing terhadap kaum fakir.
Aqiqah juga mengajarkan cara syukur kepada Allah SWT. Aqiqah merupakan sarana menampakan rasa gembira dalam melaksanakan syariat Islam. Dengan di sah-kannya aqiqah seorang bayi maka kebahagiaan muncul karena telah hadir penerus islam yang barokah, amin.

7. Hukum menggunakan jasa aqiqah
Namun di era modern ini diharapkan semuanya serba instan. Sampai pelaksanaan aqiqah pun diharapkan juga mampu dilakukan dengan instan. Banyak orang tua yang berfikiran tidak mau ribet untuk ber aqiqah. Hasilnya pinjam jasa aqiqah untuk menyelsaikan aqiqah buah hatinya.
lalu bagaimana hukum ber aqiqah dengan menyewa jasa aqiqah instan. Hal ini tidak dipermasalahkan dalam islam. Mewakilkan aqiqah dengan menyewa jasa orang lain diperbolehkan. Yang terpenting adalah dari niat si punya hajat untuk ber aqiqah. Sedangkan tidak harus si punya hajat untuk menyaksikan  penyembelihan hewan aqiqah.

8. Aqiqah untuk orang mati 
Lalu bagaimana hukum ber aqiqah untuk orang yang sudah mati. Maka terdapat 3 versi menurut ulama tentang aqiqahi orang mati :
Pertama, wajib hukumnya secara mutlak melaksanakan aqiqah untuk anak yang sudah meninggal. Ini adalah pendapat Imam Ibnu Hazm. (Ibnu Hazm, Al Muhalla, 6/234).
Kedua, sunnah hukumnya melaksanakan aqiqah untuk anak yang sudah meninggal. Ini pendapat yang dianggap lebih sahih (ashah) dari dua versi pendapat ulama Syafi’iyyah sebagaimana disebut oleh Imam Rafi’i, juga merupakan satu qaul (pendapat) dari ulama Hanabilah. (As Syarhul Mumti’, 7/540).
Ketiga, aqiqah gugur hukumnya jika anak sudah meninggal. Ini merupakan satu versi lainnya dari dua pendapat di kalangan ulama Syafi’iyyah, dan juga qaul (pendapat) dari ulama Malikiyyah. (Imam Nawawi, Al Majmu’, 8/432; Al Muntaqa, 4/200).
Setelah mendalami dalil-dalilnya, pendapat yang rajih (paling kuat) adalah pendapat kedua yang memandang sunnah melakukan aqiqah bagi anak yang sudah meninggal. Pelaksanaan aqiqah diperuntukan untuk orang yang masih hidup. Tidak diperuntukan untuk orang yang sudah mati. Jika seorang yang sudah mati sampai akhir kematiannya belum juga di ber aqiqah, maka tidak diwajibkan baginya ber aqiqah, dan tidak pula diwajibkan bagi keturunannya ber aqiqah untuknya. Bagi keluarganya hanya dianjurkan untuk mendoakan orang yang sudah mati tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Saran Nama Bayi Islami dan Artinya

Inilah Saran Nama Bayi Islami dan Artinya - Berikut ini adalah rangkaian nama bayi laki laki dengan arti nama Islami. Dalam merangkaikan sebuah nama untuk calon anak kami benar-benar tidak mudah dikarenakan butuh pertimbangan di dalam melacak arti nama islam yang baik dikarenakan nama itu sendiri bakal dibawa si Anak hingga tumbuh dewasa. Oleh dikarenakan itu, disini kami sedia kan rangkaian nama bayi islami paling baik yang terdiri dari 3 kata dan 4 kata untuk nama anak islam. Semoga kumpulan nama bayi laki laki islami ini sanggup menambahkan solusi bagi para orang tua sekalian yang masih bingung di dalam melacak rangkaian nama anak laki laki islam. Nama untuk bayi Laki atau Perempuan yang baik ... Dari daftar nama untuk bayi laki laki islam yang kami bagikan kali ini, kalau Ayah dan Bunda kurang suka dengan nama aku buat, Anda sanggup memengaruhi nama depan, nama tengah, maupun nama belakang anak laki laki islami. Semoga si anak sanggup bermanfaat bagi seluruh orang. 1. Aulian

Inilah Saran Nama Bayi Islami dan Artinya Bagian 2

Nama Bayi Laki Laki Modern - Pada kesempatan kali ini kami mempunyai sejumlah Nama Bayi Laki Laki yang diambil dari beberapa bahasa. Dalam memberikan nama bayi sebaiknya kita tidak asal-asalan karena nama yang diberikan kepada calon anak kita akan menjadi doa dan dibawa hingga ia tumbuh dewasa. Semoga bersama membaca artikel yang berisi Nama Bayi Laki Laki Modern ini para orang tua sanggup memilih nama bayi yang tepat bagi calon buah hati kita. Nama Bayi Laki-Laki sudah kami susun berjumlah sekitar 101 nama. Harapannya dari daftar sanggup memberikan referensi bagi Anda untuk memilih nama bayi yang cocok bersama mengisi hati Anda sekalian. Memang memilih suatu hal yang akan berdampak jangka panjang tidak lah mudah. Hal tersebut membutuhkan pertimbangan yang matang. Nama bayi laki laki modern Konsultasi dan komunikasi antara suami dan istri mutlak diperlukan. Karena sanggup saja tiap-tiap membawa selera yang tidak sama berkenaan sebuah nama bayi yang bagus. Nama bayi laki

Hewan Untuk di Aqiqah

Hewan Untuk di Aqiqah Para ulama tak mirip pendapat dalam memilih persyaratan kambing aqiqah lebih-lebih dalam faktor usia kambing. Ada yang berpendapat harus 2 (dua) thn, tersedia pun yang berpendapat 1 (satu) thn untuk domba. Kambingnya harus sehat, tidak boleh cacat yakni tidak buta, tidak hilang beberapa gede tanduk atau kupingnya, tidak ompong seluruh gigi depannya dll. Tetapi tersedia pula beberapa ulama yang membolehkan dengan kambing apa saja mengingat tidak tersedia dalil spesifik perihal persyaratan untuk kambing aqiqah, adapun persyaratan tadi diatas ialah kias berasal dari persyaratan kambing qurban. Namun tetap yang paling afdol pastinya yang udah mencukupi persyaratan diatas. Menurut para ulama diperbolehkan beraqiqah dengan kambing betina, dikarenakan dalam persayaratan kambing untuk Aqiqah tidak ditentukan satupun info yang melarangnya, tetapi yang lebih afdol adalah dgn kambing jantan. Berapa usia kambing untuk aqiqah? supaya mencukupi syarat aqiqah atau qurb